Penyuluhan Manajemen Stress pada Kader Aisyiyah Ranting Timur II Pekajangan Kabupaten Pekalongan

  • Aisyah Dzil Kamalah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Hana Nafiah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Manajemen Stres, Kader Aisyiyah, Relaksasi, Spiritual

Abstract

Stress dapat terjadi pada setiap orang. Salah satu penyebab stress adalah beban kerja yang tinggi atau tugas yang banyak. Ibu adalah seseorang yang memiliki tugas merawat anggota keluarga dan melakukan pekerjaan rumah. Terlebih pada kondisi Covid seperti saat ini. Ibu mengalami keterbatasan dalam aktivitasnya dan mengalami penambahan tugas yaitu menemani anak melakukan pekerjaan sekolah yang dilakukan secara Online. IbM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu – ibu dalam melakukan manajemen stress. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Agustus 2020. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi dan Tanya jawab. Kegiatan ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan dan menjaga jarak setiap peserta. Hasil kegiatan IbM yaitu, peserta yang hadir sejumlah 25 orang. 80% peserta dapat melakukan relaksasi nafas dalam, 100% peserta mengatakan jika stress mengatasinya dengan cara spiritual yaitu dengan berdzikir dan berdoa pada Allah SWT. Kesimpulan : penyhuluhan manajemen stress pada ibu – ibu kader Aisyiyah Ranting Timur II Pekajangan dapat meningkatkan pengetahuan sebesar 40%.

References

1. Perciavalle, V., et al., The role of deep breathing on stress. Neurological Sciences, 2017. 38(3): p. 451-458.
2. Consolo, K., S. Fusner, and S. Staib, Effects of diaphragmatic breathing on stress levels of nursing students. Teaching and learning in nursing, 2008. 3(2): p. 67-71.
3. Handayani, S., Efektifitas Terapi Religi terhadap Penurunan Tingkat Stress pada Lansia Janda. TRIAGE Jurnal Ilmu Keperawatan, 2016. 8(1).
4. Hamid, A., Z. Anwar, and S.S. Fasikhah, Metode Dzikir Untuk Mengurangi Stres Pada Wanita Single Parent. 2012.
5. Sucinindyasputeri, R., Pengaruh terapi zikir terhadap penurunan stres pada mahasiswa magister profesi psikologi. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2017. 8(1): p. 30-41.
6. Safitri, S., F. Nashori, and I. Sulistyarini, Efektivitas Relaksasi Zikir Untuk Menurunkan Tingkat Stres Pada Remaja Diabetes Melitus Tipe II. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 2017. 9(1): p. 1-15.
7. Kusuma, C.T., Efektivitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Stres Akademik pada Dokter PPDS Bedah. 2017.
8. Mas, M.N.F.B., Pengaruh Pemberian Pelatihan Berpikir Positif Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2019, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
9. IW, M.V. and F. Linayaningsih, EFEKTIVITAS PELATIHAN BERFIKIR POSITIF SEBAGAI STRATEGI COPING STRESS PADA GURU SEKOLAH DASAR ANAK BERKESULITAN BELAJAR. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 2017. 18(2): p. 251-259.
10. Adyafnita, R. and K. Khairani, Coping Students in Working on Their Thesis. Jurnal Neo Konseling, 2019. 1(4).
11. Nelson, K. and A.P. Smith, Occupational stress, coping and mental health in Jamaican police officers. Occupational medicine, 2016. 66(6): p. 488-491.
Published
2020-12-15