LITERATURE REVIEW PENGETAHUAN DAN SUMBER INFORMASI PUS MENGENAL KONTRASEPSI SUNTIK DI ERA KEMAJUAN TEKNOLOGI

  • Nur Rohkmah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Emi Nurlaela Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Pengetahuan, Kontrasepsi suntik, Sumber informasi

Abstract

Tingginya angka kematian ibu bukan masalah yang baru, berbagai upaya telah dilakukan seperti program safe motherhood diantaranya keluarga berencana. Keluarga berencana dapat diketahui melalui sumber-sumber informasi yang dapat diakses melalu jaringan internet atau yang lainya.Tujuan Penelitian ini adaah Mengidentifikasi pengetahuan PUS Mengenal Kontrasepsi Suntik Di Era Kemajuan Teknologimelalui Literature Riview.Metode Penelitian menggunakan literature review dengan mencari jurnal berkaitan dengan tema yang diambil dari google scholar, proques, google. Dalam pencarian menggunakan kata pengetahuan kontrasepsi, pengetahuan sumber informasi, pengetahuan kontrasepsi di era kemajuan teknologi, pengetahuan kontrasepsi suntik, sumber informasi pengetahuan kontrasepsi suntik, knowledge contraception women, knowledge of women family contraception. Dari literature review penelitian menujukan pasangan usia subur pengetahuan baik lebih banyak dari pada pengetahuan cukup ataupun pengetahuan kurang, sumber informasi yang didapat pada era kemajuan teknologi saat ini lebih banyak didapatkan dari tenaga kesehatan, keluarga dan media sosial. Berdasarkan hasil literatur review didapatkan Pengetahuan terbanyak dalam katagori pengetahuan kurang sebanyak responden 128 (42,6%). Sumber informasi terbanyak didapat dari tenaga kesehatan sebanyak responden 521 (41,6%) dan terendah dari media sosial sebanyak responden 46 (3,7%). Saran: Tenaga kesehatan meingkatkan pemberian informasi mengenai kontrasepsi suntik melalui internet.

References

Anonim (2012) Detik Health https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1850829/ini-dia-alat-kontrasepsi-wanita-yang-sesuai-umur
Ajong & Njotang (2016). Pengetahuan Tentang Wanota Dalam Keluarga Berancana Dan Keinginan Masa Depan Untuk Menggunakan Kontrasepsi.
Anuragamayi & Malla (2020). Studi Pengetahuan Dan Praktik Kontrasepsi DI Kalangan Perempuan Di Usia Reproduksi Menghindari Untuk Pengiriman Disubuah Rumah Sakit Perawat Tersier.
Amelia, Laksani, & Handayanti (2019). LIPI Persepsi Masyarakat Indonesia Terhadap Iptek.
Amru (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Sikap Dan KeterjangkauN Jarak Pelayanan Kesehatan Terhadap Kejadian Drop Out Alat Kontrasepsi Suntik Pada PUS, Vol.11, no.2.
Ariyanto & Nurfitriani (2018). Gambaran Penegetahuan Dan Sikap Pria Produktif Terhadap Metode Kontrasepsi Vasektomi 2016, vol.7, no.1.
Azizah & Nisak (2018). Sumber Informasi Pengetahuan Tentang KB Pasca Persalinan Pada Ibu Hamil Trimester III 2018, Vol.9, no.1
Babulu, Romeo & Ndoen (2019). Pengetahuan Dan Nilai Dalam Masyarakat Terkait Penggunaan Kontrasepsi Suntik Pada Akseptor KB 2018, Vol,1, no.2, pp.59-67.
Bejo & Sondang (2015). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Pasangan Usia Subur (PUS) Dengan Pemakaian Kontrasepsi Implant Di Wilayah Kerja Puskesmas Tahtul Yaman Kota Jambi
Gustika & Khoiriyah (2017). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang KB suntik 3 Bulan Pada Akseptor KB.
Grinting (2019). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pengguna KB Suntik Di Klinik Pratama Niarpatumbak.
Hamid (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren. Surabaya : imtiyaz.
Hidayah & Lubis (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Dukungan Suami Terhadap Pemilihan Kontrasepsi Tubektomi, Vol.4.
Kadir (2018). Hubungan Sumber Informasi Dengan Keputusan Ibu Menyusui Memilih Kontrasepsi Mal Di DEsa Aek Nabara Kabupaten Padang Lawas.
kurniasih (2016). Optimulasi Penggunaan Media Sosial Untuk Perpustakaan.
Maharani (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kontrasepsi Suntik Dengan Kepatuhan Jadwal Penyuntikan Ulang Di Bidan Praktek Mandiri Murtinawati Pekan Baru. Vol.1, No.1. 2018.
Mulyani & Rinawati (2016).Keluarga Berencana Dan Alat Kontrasepsi. Yogyakarta: Nuha medika.
Proverawati & Aspuah (2014).Panduan Memilih Kontrasepsi. Yogyakarta : penerbit nuha medika.
Purnamayanthi & Udayani (2019). Hubungan Pengetahuan Akseptor KB Suntik 3 Bulan Dengan Prilaku Mengatasi Efek Samping Mual Muntah, Vol. 2, no.1, 2019
Santikasari & Laksmi (2019). Hubungan Sumber Informasi Dengan Pemakaian Kontrasepsi Di Kelurahan Merak Tangerang, Vol.10, No.01, Juni 2019.
Siswanto & Susila (2015). Metodelogi Penelitian Kesehatan Dan Kedokteran. Yogyakarta : Bursa Ilmu.
Sulianta & Juju (2010). Hitam Dan Putih Facebook. Jakarta : PT. Elex media komputindo.
Wawan & Dewi (2014). Teori & Pengukuran Pengetahuan Sikap & Perilaku Manusia. Yogyakarta : penerbit nuha medika.
Warman (2019). Hoax Dan Hate Speech Di Dunia Maya. Jakarta : lembaga kajian aset budaya Indonesia.
WHO. (2011). Standards And Operational Guidance For Ethics Review Of Health Related Research Eith Human Participants. Paper presented at the WHO, switzerland.
Published
2020-12-15