Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan pada Usaha Dagang Sahadewa Batik

Authors

  • Rita Wijayanti Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Usaha Dagang, Laporan Keuangan, Pembukuan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari survei tim pengabdian terkait banyaknya pelaku usaha terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kurang peduli terhadap konsep manajemen bisnis, bahkan banyak dari mereka yang tidak melakukannya. Mitra yang bekerjasama dalam program pengabdian ini adalah Sahadewa Batik, salah satu UMKM yang terletak di Kabupaten Sukoharjo. UMKM ini bergerak dalam bidang penjualan pakaian. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertema pelatihan penyusunan laporan keuangan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 dan bertempat di rumah mitra sekaligus tempat usaha Sahadewa Batik yang bertempat di Kelurahan Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Peserta yang hadir terdiri atas pemilik usaha dan lima karyawan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyusunan laporan keuangan pada toko Sahadewa Batik ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar manajemen bisnis terutama mengenai pembukuan dan penyusunan laporan keuangan sederhana.

References

[1] Griffin, Ricki W. dan Ronal J. Ebert. 2007. Bisnis. Edisi Ke-8. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
[2] Rudiantoro, R., dan Siregar, SV., 2012. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia Vol 9 No.1, Juni 2012.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Wijayanti, R. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan pada Usaha Dagang Sahadewa Batik. Prosiding University Research Colloquium, 112–116. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1113