IbM Pelatihan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) Upaya Deteksi Dini Ca Mamae di Dusun Sokamartani Merdikorejo Tempel Sleman

  • Agustin Endriyani Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Istri Utami Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Keywords: Deteksi Dini;, SADARI;

Abstract

Kanker yang banyak menyerang wanita adalah kanker payudara, kanker payudara merupakan penyakit ganas pada wanita, pada tahun 2003 kanker Salah satu jenis kanker yang banyak menyerang wanita adalah kanker payudara, kanker payudara merupakan penyakit ganas pada wanita, pada tahun 2003 kanker merupakan problem kesehatan yang sangat serius karena jumlah penderita meningkat sekitar 20% per tahun. Data menunjukkan bahwa, 18,7% dari semua kanker yang menyerang wanita adalah kanker payudara. Menurut data National Cancer Institute pada tahun 2000, lebih kurang 182.800 perempuan didiagnosis menderita kanker payudara dan sekitar 1.670.000 perempuan di dunia menderita kanker payudara. Kanker payudara adalah penyebab kematian akibat kanker paling besar bagi perempuan berusia antara 18 hingga 54 tahun, dan penyebab kematian paling besar bagi perempuan berusia antara 45 hingga 50 tahun. Kanker merupakan suatu penyakit yang sangat ditakuti oleh perempuan, karena takut perempuan sering menghindari tes pengenalan dini kanker. Perempuan memilih lebih tidak tahu dari tahu jika diketahui sejak dini, beberapa penyakit kanker dapat dicegah atau diatasi. Salah satu risiko penyakit kanker yang dapat diturunkan adalah kanker payudara atau carcinoma mammae. Upaya kesehatan untuk melakukan deteksi dini dengan metode sadari, dengan mengenalkan kepada masyarakat terkait deteksi dini akan menurunkan Ca Mamae dalam konsidi stadium lanjut. Hal ini juga dapat menurunkan resiko tinggi nya kasus kematian pada wanita dengan penyebab Ca Mamae.

Author Biographies

Agustin Endriyani, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Program Studi Kebidanan /Fakultas Ilmu Kesehatan

Istri Utami, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Program Studi Kebidanan /Fakultas Ilmu Kesehatan

References

Agustina, R. (2010). Penderita Kanker Payudara Menurun, Kanker Rahim Melonjak.http://health.detik.com/read/2010/02/04/112503/1292721/763/penderita-kanker-payudara-menurun-kanker-rahim-melonjak (diakses 8 Januari 2012).

Anonim. (2011). Apa Kabar Tren Kanker Payudara Di Indonesia?. http://dhikatuy.blogdetik.com/2011/05/13/apa-kabar-trend-kanker-payudara-di-indonesia-2/ (diakses pada 11 November 2018).

Lee, J., Zava, D. dan Hopkins, V. (2008). Kanker Payudara Pencegahan dan Pengobatannya. Jakarta : Daras Books.

Saryono dan Pramitasari, R. (2008). Perawatan Payudara Dilengkapi dengan Deteksi Dini Terhadap Penyakit Kanker Payudara. Yogyakarta: Mitra Cendikia Pres.
Published
2020-05-12