Penyuluhan Tentang Dagusibu “Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang” Di SD Negeri 2 Condong Campur, Desa Condong Campur, Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen

  • Husnul Khuluq Stikes Muhamamdiyah Gombong
  • Yayu Krisdiyanti Stikes Muhamamdiyah Gombong
Keywords: Pengetahuan Dagusibu;, Dagusibu;

Abstract

Telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat tentang Dagusibu (dapatkan, gunakan,simpan, dan buang) padasiswa SD kelas 6 SDN 2 Condong Campur, Sruweng Kebumen. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat lewat penyuluhan Dagusibu sebagai bagian dari upaya promotif, preventif dan pemberdayaan masyarakat dalampeningkatan penggunaan obat yang rasional. Metode yang digunakan adalah dilakukan pre test sebelum penyuluhan, dilakukan penyuluhan dan diskusi dan dilakukan post test. Hasil nya didapatkan terjadi peningkatan rata-rata nilai pre test 23,34 naik menjadi 50,16 setelah penyuluhan.Disimpulkan bahwa pemahaman Siswa SDN 2 Condong Campur kelas 6 terhadap cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obatdengan benar meningkat.

Author Biographies

Husnul Khuluq, Stikes Muhamamdiyah Gombong

Prodi Farmasi

Yayu Krisdiyanti, Stikes Muhamamdiyah Gombong

Prodi Farmasi

References

[1] Anonim. Modul II Materi pelatihan Peningkatan Pengetahuan dan ketrampilan Memilih Obat Bagi Kader. Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2008.

[2] Anonim. Pedoman Pelaksanaan GerakanKeluarga Sadar Obat. Pengurus Pusat IkatanApoteker Indonesia; 2014.
Published
2020-05-12