KAJIAN INSTRUKSIONAL PEMBELAJARAN KEBENCANAAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KABUPATEN KLATEN

  • Suharjo Suharjo
  • M. Musiyam
  • R. Muh. Amin Sunarhadi
  • Harun Joko Prayitno
  • Miftahul Arozaq
Keywords: kajian instruksional, pembelajaran kebencanaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian tujuan, langkah, dan turunan kemampuan yang diperlukan dalam pembelajaran kebencanaan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Klaten. Kajian instruksional menggunakan systematic instructional design (ISD) dengan model Dick & Carey. Panduan Pembelajaran Kebencanaan di Kabupaten Klaten yang telah ditetapkan penggunaannya melalui Peraturan Bupati Klaten Nomor 6 Tahun 2014 adalah dokumen utama yang dikaji. Kajian menggunakan tiga alat analisa, yaitu analisa ujung depan (front-end analysis), analisa tujuan (goal analysis), dan analisa ketrampilan subordinat (subordinat skill analysis). Data diperoleh melalui kajian pustaka dan focused group discussion (FGD) para ahli bidang (subject matter experts/SME) pembelajaran dan kebencanaan di Kabupaten Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran kebencanaan merupakan mandat kebijakan pemerintah. Tujuan pembelajaran kebencanaan mengacu tiga kemampuan, yaitu siswa mampu melakukan kajian risiko bencana, upaya mitigasi bencana, dan kesiapsiagaan bencana di lingkungan sekolah dan tempat tinggalnya. Hasil kajian dijabarkan dalam diagram kajian instruksional pembelajaran kebencanaan dengan hirarki dan prosedur pembelajaran. Turunan kemampuan meliputi 1) informasi verbal terkait istilah, lokasi, dan pengetahuan dasar kebencanaan, 2) keterampilan intelektual dalam menerapkan prosedur manajemen bencana, 3) strategi kognitif dalam merumuskan dan menyajikan pengetahuan dan ketrampilan manajemen bencana, 4) ketrampilan motorik dan 5) sikap dalam pengurangan risiko bencana.

References

BPBD. 2014. Panduan Pembelajaran Kebencanaan Di Kabupaten Klaten. Klaten : BPBD.
LIPI. 2009. Panduan Mengukur Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat dan Komunitas Sekolah.
Pribadi, S. Krishna dan Ayu Krisna Yuliawati. Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi Sebagai Upaya meningkatkan Keselamatan Siswa (Studi Kasus
Pada SDN Cirateun dan SDN Padasuka 2 Kabupaten Bandung). (PDF). (diakses pada tanggal 27 Januari 2016).
Puturuhu, Ferad. 2015. Mitigasi Bencana dan Penginderaan Jauh. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Rosmusson, B., Sunarhadi, M. A., Mauly H., Agus Supriyadi. 2015. Development of Prepared and Safe (PAS) School as Disaster Risk Reduction Education Model. National Conference of Indonesia Disaster Experts (IABI). DOI: 10.13140/RG.2.1.2473.3927.
Published
2019-01-21