IMPLEMENTASI ALGORITMA STING MATCHING PADA RANCANG BANGUN APLIKASI PENDETEKSI OBAT DAN MAKANAN

Authors

  • Anisya Sonita
  • Khairunnisyh Khairunnisyh

Keywords:

Algoritma, String Matching, Obat dan Makanan

Abstract

Pada era teknologi yang semakin maju saat ini, banyak ditemukan makanan dan obat-obatan yang dijual bebas dan mengandung senyawa berbahaya serta  tidak terdaftar pada BPOM. Kurangnya pengetahuan pada masyarakat membuat banyaknya masyarakat yang terkena penyakit baru, penyakit kulit, hingga keracunan makanan. sehingga diperlukan sebuah aplikasi yang dapat membatu masyarakat untuk mengetahui jenis obat dan makanan yag tedaftar pada BPOM sehingga masyarakat tau obat dan makanan yang layak dikonsumsi.

String Matching adalah suatu algoritma yang digunakan untuk memecahkan masalah pencocokan suatu teks terhadap suatu teks lain. Cara yang jelas untuk mencari pattern yang cocok dengan teks adalah dengan mencoba mencari di setiap posisi awal dari teks dan mengabaikan pencarian secepat mungkin jika karakter yang salah ditemukan.

Algoritma String Matching berhasil menemukan dan mencocokkan kode barang pada database dan hasil Scan OCR sehingga di simpulkan oleh sistem bahwa kode Obat atau makanan tersebut telah terdaftar dan di sahkan oleh BPOM.

 

References

(1) Donal Knuth, James h. Morris, Vaughan Pratt (1997). “Fast Pattern Matching in String”. SIAM Journal on Computing 6(2)
(2) R. S. Pressman, "The Incremental Model," in Software Engineering, A Practitioner's Approach, New York, McGraw-Hill Series in Computer Science, p. 36.
(3) Rochmawati, Y. 2015. Studi PErbandingan Algoritma Pencarian String dalam Metode Approximate String Matching Untuk Identifikasi Keselahan Pengetikan Teks
(4) Sagita, Maria Irmina Prasetyowati. 2012. Studi Perbandingan Implementasi Algoritma Boyer-Moore, Turbo Boyer-Moore, dan Tuned Boyer-Moore dalam Pencarian String. Ultimatics, Vol IV No 1: Tangerang

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Sonita, A., & Khairunnisyh, K. (2019). IMPLEMENTASI ALGORITMA STING MATCHING PADA RANCANG BANGUN APLIKASI PENDETEKSI OBAT DAN MAKANAN. Prosiding University Research Colloquium, 124–128. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/491