RANCANGAN RUANG KEMUDI MENGGUNAKAN ILMU ERGONOMI PADA PROTOTYPE MOBIL LISTRIK “ABABIL”

  • Lathiifah Thawafani
  • Fajrin Nurul Falah
  • Cindy Saraswati
  • Fiki Candra Setiyawan
  • Hari Prasetyo
Keywords: Ababil, Antropometri, Ergonomi, Ruang Kemudi

Abstract

Rancangan ruang kemudi pada mobil listrik sangat mempengaruhi performa pengemudi dalam mengemudikan mobil listrik. Kurang ergonomisnya desain ruang kemudi pada prototype mobil listrik “Ababil I” mengakibatkan kurang maksimalnya pengemudi dalam menjalankan mobil listrik. Penelitian ini bertujuan merancang ulang  ruang kemudi mobil listrik “Ababil I” menjadi “Ababil II” untuk mengetahui perbedaan pada performa pengemudi dalam mengemudikan mobil. Desain ruang kemudi mengacu pada desain ergonomis dan ukuran antropometri pengemudi. Ruang kemudi yang ergonomis dapat membuat pengemudi nyaman sehingga meningkatkan performa pengemudi dan mobil dapat melaju dengan kecepatan maksimal dan penggunaan bahan bakar yang minimal. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur antropometri tubuh pengemudi yang dijadikan dasar dalam pembuatan rancangan ruang kemudi. Rancangan “Ababil I” dan “Ababil II” yang telah dibuat, dilakukan uji coba sebanyak dua belas kali dengan enam persneling yang berbeda untuk mengetahui perbedaan dari dua rancangan tersebut. Hasil uji coba menunjukkan rata-rata kecepatan dan waktu tempuh untuk prototype mobil listrik “Ababil I” adalah 40.5 km/jam selama 3.65611 menit, sedangkan untuk prototype mobil listrik “Ababil” II adalah 50.17 km/jam selama 3.04218 menit. Sehingga terdapat perbedaan antara dua rancangan ruang kemudi mobil listrik. Penelitian selanjutnya sangat diperlukan untuk meningkatkan performa mobil listrik dan juga mengembangkan ruang kemudi yang telah dirancang pada penelitian awal.

References

Cahyo, P. N., & Muliatna, I. M. (2013). Perancangan sistem pengereman hidrolis pada mobil listrik Garnesa. JRM, 1(1), 54-56.
Hakim, R., Nugroho, C.B., & Ruzianto. (2016). Desain dan analisis aerodinamika dengan menggunakan pendekatan CFD pada model 3D untuk mobil prototype “Engku Putri”. Jurnal Integrasi. 8(1), 6-11.
Ismiyati., Marlita, D., & Saidah, D. (2014). Pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog), 1(3), 241-247.
Kurniawan, B., & Wulandari, D. (2013). Rancang bangun sistem suspensi double wishbone pada mobil listrik Garnesa. JRM. 1(1), 50-53.
Noviyanti, A.R., Yuliyanti, Y.B & Eddy, D.A. (2016). Struktur dan morfologi elektrolit apatit lantanum silikat berbahan dasar silika sekam padi. Jurnal Material dan Energi Indonesia. 6(2), 1-6.
Putra, B.S., Rusdinar, A., & Kurniawan, E. (2015). Desain dan implementasi sistem monitoring dan manajemen baterai mobil listrik. Skripsi: Universitas Telkom Bandung.
Rosha, P.T., Fitriyana, M.N., Ulfa, S.F., & Dharminto. (2013). Pemanfaatan Sanseviera tanaman hias penyerap polutan sebagai upaya mengurangi udara di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 3(1), 1-6.
Segara, N.B. (2015). Education for sustainable development (ESD) sebuah upaya mewujudkan kelestarian lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA:Social Science Education Journal, 2(1), 22-30.
Setyono, B., & Setiawan, Y. (2015). Perancangan dan analisis chassis mobil listrik “Semut Abang” menggunakan software Autodesk Inventor Pro 2013. Prosiding Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya.
Suwarso, N.H.E., & Wulandari, N.W. (2015). Pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap niat beli produk ramah lingkungan (Studi kasus pada Pertamax di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud. 4(10), 3119-3145.
Syaifulah, R. A., Kurniawan, H.E., & Priyohandoko, B. (2013). Mobil listrik ZEON (Zero Pollution) sebagai sarana wisata di Ekowisata Mangrove Wonorejo. Prosiding Elektronik (e-Proceedings) PIMNAS Progam Kreativitas Mahasiswa - Teknologi (PKM-T).
Tanudireja, Okky., & Solahuddin, Muhammad. (2013). Ergonomi ditinjau dari antropometri pada interior restoran pizza-hut di Surabaya Timur. Jurnal Intra, 1(2).
Published
2019-01-21