EDUKASI MANFAAT DAN BAHAYA KOLESTEROL PADA IBU-IBU NASYIATUL AISYIYAH TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG

  • Irmawan Andri Nugroho
  • Barkah Waladani
Keywords: Kolesterol, edukasi, diet

Abstract

Pendahuluan: Kolesterol adalah suatu zat lemak yang beredar di dalam darah, berwarna kekuningan dan berupa seperti lilin, yang diproduksi oleh hati dan sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh. Kolesterol LDL akan menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri koroner yang menyebabkan penyumbatan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2002, mencatat sebanyak 4,4 juta kematian akibat hiperkolesterolemia atau sebesar 7,9% dari jumlah total kematian. Dalam upaya mengatasi masalah hiperkolesterolemia diperlukan pencegahan sekunder yang bertujuan untuk mencegah atau menghambat timbulnya penyulit dengan tindakan deteksi dini dan memberikan intervensi keperawatan sejak awal penyakit.

Metode: Program pengabdian masyarakat dilakukan dalam tiga pertemuan dengan memberikan penyuluhan kepadda peserta kegiatan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 40 orang.

Hasil: Setelah dilakukan edukasi didapatkan hasil bahwa bahwa terdapat peningkatan pengetahuan. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan rerata nilai pretest dari 64,3 menjadi 79,3 pada saat post test.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil pre tes dan post tes dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan pengetahuan setelah dilakukan edukasi. Hal ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar pengetahuan masyarakat tentang kesehatan semakin baik, dengan demikian upaya menuju masyarakat yang sehat semakin tercapai.

 

References

Al Ummah, M.Basirun. (2006). Metodologi Penelitian. Gombong : Stikes Muhammadiyah Gombong
Badan Pusat Statistik. (2015). Data Statistik Indonesia : Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur, Jenis Kelamin, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.
Departemen Agama Republik Indonesia. (2009). Syaamil Al Qur’an The Miracle 15 in 1. Bandung : PT Sygma Examedia Arkanleema.
Ilyas, Yunahar. (2009). Cakrawala Al-Qur’an. Yogyakarta : Itqon Publishing.
Kahel, Abduddaim. (2010). The Holy Heal : Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit dengan Terapi Suara Bacaan Al Qur’an dan Bacaan Shalat. Banten : Penerbit Kalim.
Kushariyadi. (2011). Asuhan Keperawatan pada Klien Lanjut Usia. Jakarta : Salemba Medika.
Maryam, R.Siti, et al. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta : Salemba Medika.
Myers, Jamie S. Factors Associated With Changing Cognitive Function in Older Adults : Implications for Nursing Rehabilitation (2008).
Nehligh, A. Is Caffeine a Cognitive Enhancer?. Journal of Alzheimer Disease 20:S85-S94. 2010.
Nugroho, Wahjudi. (2008). Keperawatan Gerontik & Geriatrik. Jakarta : EGC.
Suardiman, Siti Partini. (2011). Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Published
2019-01-21