Joyfull Learning in Science (Pelatihan Percobaan IPA Sederhana di SD Bener I dan Bener II)

Authors

  • Anatri Desstya Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Umi Hapsari WR Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • A Azizunniza Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

pembelajaran IPA di SD, percobaan IPA sederhana, hakikat IPA

Abstract

Pembelajaran IPA di SD yang harus memperhatikan proses, produk, dan sikap sebagai hakikatnya tidak harus diterapkan dengan menggunakan media atau alat peraga yang rumit. Guru dapat merancang percobaan (yang menekankan proses) dengan memanfaatkan alat dan bahan yang mudah ditemukan di sekitarnya. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan materi, wacana, dan pendampingan bagi guru-guru di SD Bener I dan Bener II dalam menerapkan pembelajaran IPA melalui percobaan sederhana. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SD Negeri Bener II Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, pada hari Sabtu, tanggal 31 Maret 2018. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, percobaan, dan pendampingan. Metode ceramah digunakan untuk memaparkan materi tentang percobaan IPA sederhana (terkait what, why, how, who, where). Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah: 1) Guru mulai mengenal tentang percobaan IPA sederhana, 2) Guru mampu melakukan percobaan IPA sederhana dan menerapkannya dalam pembelajaran.

References

Sri Wuryastuti. (2008). Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Nomor: 9 – April.
Karsidi. (2007). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD dan MI. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Robert B Kozma. (2011). Will Media Influence Learning: Reframing the Debate." Educational Technology Research and Development, 42(2), 7-19.
Sutrisno, L Dkk (2007) Pengembangan Pembelajaran IPA SD, Jakarta : Dirjen DIKTI Diknas
Adi Sifa Muhammad, I. R. W. A. (2014). Peningkatan Keterampilan Fluency melalui Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PjBL) paada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal Pendidikan, (1).
Dek Ngurah Laba Laksana, I Nyoman Sudana Degeng, I Wayan Dasna, I. W. A. (2016). PENTINGKAH MENGGUNAKAN INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR? In 1st Annual Proceeding (Vol. 2016, pp. 9–22).
Hayanah, I. N., Hartati, S., & Wulandari, D. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan SETS pada Kelas V. Joyful Learning Journal, 2(3), 55–62.
Mujakir. (2014). Lantanida Journal, Vol. 2 No. 2, 2014. Lantanida Journal, 2(2).

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Desstya, A., Hapsari WR, U., & Azizunniza, A. (2019). Joyfull Learning in Science (Pelatihan Percobaan IPA Sederhana di SD Bener I dan Bener II). Prosiding University Research Colloquium, 51–56. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/328