Implementasi Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di MAN 2 Magelang

Authors

  • Novita Ika Puspitasari Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Akhmad Baihaqi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Muis Sad Iman Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Implementasi, Supervisi Akademik, PAI

Abstract

Setiap manusia membutuhkan pendidikan agar cerdas dan berakhlak mulia terutama tingkat pendidikan Madrasah Aliyah. Perbaikan pengajaran terus dilakukan, kemudian supervisi akademik diarahkan untuk mengembangkan sumber daya manusia atau kinerja guru PAI. Maka dari itu perlu diadakan supervisi akademik pengawas di MAN 2 Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1)mengetahui implementasi supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MAN 2 Magelang, dan 2)mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam supervisi akademik pengawas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah pengawas madrasah, kepala madrasah, dan guru PAI MAN 2 Magelang. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa: 1)Implementasi supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MAN 2 Magelang sudah berjalan sebagaimana mestinya dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Supervisi akademik pengawas perlu dilakukan dengan adanya kegiatan kepengawasan guru menjadi terkontrol karena ada yang menilai, sehingga kinerja guru PAI di MAN 2 Magelang meningkat, 2)Faktor pendukung implementasi supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MAN 2 Magelang yaitu komunikasi yang sudah terjalin baik, peserta didik mudah dikondisikan dan media pembelajaran yang tersedia. Faktor penghambatnya yaitu belum maksimalnya daya dukung sarana dan prasarana sekolah, kurangnya kerja sama di lingkungan sekitar sekolah.

References

[1] M. Abdy, “Skripsi: Kemampuan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Islamiyah Medan,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2019.
[2] Azis, “Reward-Punishment Sebagai Motivasi Pendidikan (Perspektif Barat Dan Islam),” Cendekia, p. 14 (2), 2016.
[3] d. Dedi Setiawan, “Penilaian Kinerja Guru Produktif Dalam Melaksanakan Standar Kompetensi Guru,” Inovasi Vokasional dan Teknologi, p. 20 (1), 2020.
[4] M. Hasan, “Tesis: Supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SDN 6 Sumbawa,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2016.
[5] Kemenag, Keputusan Menteri Agama (KMA) 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab, Jakarta: Kemenag RI, 2019.
[6] Kemenag, Keputusan Menteri Agama (KMA) RI No. 624 Tahun 2021, tentang Pedoman Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah, Jakarta: Kemenag RI, 2021.
[7] Kemenag, Peraturan Menteri Agama RI No. 2 Tahun 2012, tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, Jakarta: Kemenag RI, 2012.
[8] D. Lazwardi, “Implementasi Supervisi Pendidikan di Sekolah/ Madrasah,” Al-Idarah, p. 6 (1), 2016.
[9] N. T. Kurniawati, Skripsi: Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Melalui Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru PAI Dalam Mata Pelajaran Ibadah di SD Muhammadiyah Karangkajen II Kota Yogyakarta, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016, pp. hlm. 82-95.
[10] I. M. Ma’ruf, “Skripsi: Implementasi Supervisi Akademik oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI Tingkat Menengah di Kementerian Agama Kabupaten Malang,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2020.
[11] K. Rasto, “Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi,” Pendidikan Manajemen Perkantoran, p. 1 (1), 2016.
[12] A. A. Rohma, “Implementasi Program Kerja Pengawas Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam,” JMPI:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, p. 3 (2), 2018.
[13] N. Aedi, Pengawasan Pendidikan : Tinjauan Teori dan Praktik, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014.
[14] Al-Qur’an, Al-Qur’an dan terjemahan, Bandung: Departemen Agama RI, 2018.
[15] B. d. M. Arifin, Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2020.
[16] Baderiah, Buku Ajar Pengembangan Kurikulum, Palopo: Penerbit IAIN Palopo, 2018.
[17] Daulay, Manajemen, Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli, 2017.
[18] Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-5, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.
[19] A. Fauzi, Administrasi dan Supervisi Pendidikan: Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran serta Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Yogyakarta: K-Media, 2019.
[20] M. y. d. Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.
[21] E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
[22] P. A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
[23] M. Ulmunir, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: MPI UIN Sunan Kalijaga, 2017.
[24] S. Tatang, Administrasi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2017.
[25] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Puspitasari, N. I., Baihaqi, A., & Iman, M. S. (2023). Implementasi Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di MAN 2 Magelang. Prosiding University Research Colloquium, 125–134. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2281