Aktualisasi Teori Islam Yang Menyenangkan Sebagai Alternatif Pemikiran Islam Yang Toleran

Authors

  • Juan Bagus Pambudi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ainum Muthoharoh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Toleransi, Islam, Moderat

Abstract

Islam adalah agama dengan jumlah pengikut terbanyak di Indonesia. Menurut data Kemendagri penduduk Indonesia yang beragama Islam menyentuh angka 237,53 juta jiwa atau setara dengan 86,9% dari seluruh penduduk Indonesia per 31 Desember 2021. Tentunya dari jumlah yang mayoritas ini muncul beragam kelompok, sekte, maupun corak-corak tertentu yang beragam dan sangat berbeda. Metode yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah review literatur yang merupakan metode sistematis, eksplisit, dan reprodusibel untuk melakukan identifikasi, evaluasi, dan sintesis terhadap karya-karya hasil penelitian dan pemikiran yang sudah dihasilkan oleh para peneliti dan praktisi. Islam Yang Menyenangkan sendiri menawarkan sebuah jalan toleransi antar umat muslim yang melakukan pendekatan ideologis dengan tiga bahasan, yakni (1) ambil, yakini, dan jalankan pendapat yang menurut kita benar, (2) pelajari, cermati, dan diskusikan pendapat lain diluar apa yang kita yakini, dan (3) menumbuhkan rasa toleransi dan kerjasama apabila dimungkinkanKembali kepada tujuan awal toleransi yakni sebagai jalan beragama yang yang penuh akan ketenteraman dan rasa gotong royong, demikian pula teori Islam Yang Menyenangkan hadir sebagai alternatif pemikiran Islam yang toleran, jauh dari rasa kekerasan, dan menumbuhkan kebersamaan sosial walaupun dalam batas-batas perbedaan.

References

[1] Akhmadi, “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity,” Jurnal Diktat Keagamaan, vol. 13, no. 2, pp. 45-55, 2019.
[2] M. W. N. Tualeka, “Kajian Kritis Tentang Toleransi Beragama Dalam Islam,” Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, vol. 2, no. 2, pp. 1-12, 2016.
[3] Almu’tasim, “Berkaca NU dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Islam di Indonesia,” TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman, vol. 8, no. 2, p. 199, 2019
[4] J. Bagus, Islam Yang Menyenangkan, Pemalang: CV Djiwa Amarta, 2022
[5] Yesserie, “Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah,” Rahayu, Titik. Syafarimen Syafril, Ismail Suardi Wekke, Rita Erlinda, vol. 151, no. 2, pp. 10-17, 2015.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Pambudi, J. B., & Muthoharoh, A. (2023). Aktualisasi Teori Islam Yang Menyenangkan Sebagai Alternatif Pemikiran Islam Yang Toleran. Prosiding University Research Colloquium, 59–63. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2275